Tips Parenting Atasi Hiperemesis Gravidarum saat Hamil


Pada masa kehamilan akan banyak perubahan yang terjadi, salah satunya adalah nafsu makan. Anda akan mengalami hiperemesis gravidarum yang berkelanjutan dan dalam waktu yang lama. Hadapi permasalahan ini dengan menerapkan tips parenting ini selama masa kehamilan. 

1. Berpikir Positif 

Ketika mengalami hiperemesis gravidarum atau mual yang kronis akan mempengaruhi kondisi bayi di dalam kandungan. Penting untuk Anda untuk menanamkan pikiran positif terhadap bayi yaitu bayi di dalam kandungan sangat membutuhkan nutrisi. Pikiran ini akan mendorong Anda untuk makan dan mengatasi masalah mual yang kronis dengan lebih mudah. 

2. Istirahat yang Cukup 

Kondisi ini akan terjadi sangat parah di awal trimester yang disebabkan penyesuaian kondisi tubuh. Anda merasa kelelahan sehingga memicu rasa mual menjadi semakin parah. Istirahatlah yang cukup agar rasa mual dapat berkurang. Pastikan tidur Anda di malam hari tidak kurang dari 8 jam. Imbangi dengan tidur di siang hari beberapa jam agar tubuh menjadi fix. 

3. Porsi Makan 

Ketika sedang dalam kondisi mual yang kronis ini penting untuk mengontrol porsi makanan yang dikonsumsi. Makanlah dengan porsi yang sedikit tetapi berulang-ulang untuk menghindari perut kosong dan terjadi mual. Hindari untuk makan makanan lemak dengan porsi yang banyak dan ketika makan usahakan untuk minum dengan cukup. 

Air minum yang dikonsumsi dengan jumlah yang cukup untuk menghindari terjadinya dehidrasi yang menyebabkan rasa mual. Jika tips parenting pada tahap ini masih membuat mual tak terkendali maka segera ke dokter untuk mendapatkan obat khusus untuk atasi mual. Selain itu, mintalah untuk diberikan vitamin yang akan membantu nutrisi di dalam tubuh. 

4. Penuhi Ngidam 

Ketika Anda sedang mengidam suatu makanan usahakanlah untuk memenuhinya secepat mungkin agar perut dapat terisi. Ini merupakan cara untuk mengatasi rasa mual. Anda yang sedang menginginkan sebuah makanan pikirannya akan teralih dan sejenak akan menghilangkan rasa mual. Pastikan Anda mendapatkan makanan dengan kondisi yang steril ya. 

5. Air Jahe 

Atasi mual kronis selama hamil ini dengan mengonsumsi air jahe yang akan membantu menyegarkan tenggorokan. Air jahe yang diminum akan mencegah rasa mual yang dialami sehingga bisa lebih tenang dan bisa menaikkan nafsu makan. 

Minumlah air jahe dengan air yang masih hangat agar lebih terasa lega dan sekaligus dapat mengatasi perut kembung. Kandungan dari jahe juga dapat membuat tubuh yang lelah terasa lebih rileks sehingga tidak akan menimbulkan rasa mual yang berlebihan. Ini salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas di masa kehamilan. 

Selama masa kehamilan dan mengalami hiperemesis gravidarum atau mual yang kronis usahakan perut tidak dalam keadaan kosong. Lewati masalah ini dengan menerapkan tips parenting di atas. Lakukan penimbangan berat badan secara rutin untuk mengontrol perkembangan bayi di dalam kandungan. Ini untuk menghindari risiko buruk pada bayi Anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.