Cegah Bau Mulut Dengan Trik Berikut

18.06

Bau mulut tak sedap (halitosis) bisa buat Anda jadi tidak percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Eits, tenang dulu. Ada tidak sedikit cara ampuh, kok, untuk menangkal bau mulut! Baca terus di bawah ini.

Macam-macam teknik jitu menangkal bau mulut tak sedap

Berikut ini sejumlah langkah simpel untuk menangkal bau mulut, sekali guna selamanya:

1. Rajin menyikat gigi

Jarang sikat gigi ialah salah satu penyebab bau mulut yang sangat umum. Maka mengawal kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi ialah kunci utama yang mesti Anda kerjakan supaya terhindar dari bau mulut tak sedap.

Rajinlah menyikat gigi minimal dua kali sehari, yakni pagi hari dan sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang berisi fluoride untuk menolong mengusung saldo makanan yang menempel. Supaya lebih maksimal, pakai juga obat kumur dan dental floss (benang gigi) untuk mengenyahkan semua bakteri jahat terbit dari mulut.

2. Banyak minum air putih

Mulai sekarang, lebih rajinlah minum air putih supaya selalu terjauhkan dari malunya punya bau mulut tidak sedap. Ya! Minum air putih 8 gelas masing-masing hari bukan hanya ampuh melepas dahaga, namun sekaligus pun mencegah bau mulut.

Air putih dapat mengawal mulut tetap lembap, sampai-sampai Anda terhindar dari mulut kering yang jadi penyebab bau mulut.

3. Jaga pola makan

Hindari sekian banyak makanan yang dapat memicu bau mulut, laksana bawang merah, bawang putih, makanan manis dan makanan pedas. Berbagai jenis saus (dressing) laksana mayonaise, saus tomat, atau saus barbeque (BBQ) juga dapat menyebabkan mulut cepat berbau tak sedap. Meski rasanya tidak manis, saus-saus ini nyatanya berisi tinggi gula yang bisa menempel di mulut dan sangat digemari oleh bakteri penyebab bau mulut.

4. Berhenti merokok

Berhenti mengisap rokok tidak melulu mencegah kita terhindar dari sekian banyak penyakit, tapi pun mencegah bau mulut. Awalnya pasti tidak mudah. Apalagi andai Anda telah terbiasa mengisap rokok selama bertahun-tahun.

Untuk mulai mengerem hasrat hendak “sebat (sebatang rokok-red) dulu”, Anda bisa mengunyah permen karet tanpa gula yang pun ampuh memicu produksi air liur dan menangkal bau mulut.

Jika masih dirasa sulit, dokter barangkali akan meresepkan obat-obatan tertentu atau terapi berhenti merokok.

5. Periksa gigi rutin

Yang tak kalah penting, pastikan kita rutin cek gigi masing-masing enam bulan sekali. Hal ini dapat menolong mendeteksi dini dan menanggulangi penyakit gusi, mulut kering, atau masalah gigi dan mulut lainnya yang mengakibatkan bau mulut.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.