Yamaha Vixion : Cara Tepat Agar Tidak Salah Membeli Motor Bekas

08.44

Ada banyak resiko yang membuat Anda harus super teliti dalam membeli motor bekas. Resiko seperti ditipu, mendapatkan harga yang tidak pas, atau terkecoh dengan legalitas yang tidak jelas. Semua perlu Anda waspadai. 

Penjual motor bekas memang berusaha memoles motor dagangannya sebaik mungkin untuk menutupi kekurangan produk sehingga dapat menjual dengan harga lebih tinggi daripada harga umumnya. Anda tidak boleh terkecoh dengan hal ini. Nah, berikut terdapat tips dan trik untuk membeli motor bekas yang bisa Anda lakukan : 

Menentukan motor apa yang akan dibeli 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis motor apa yang akan dibeli. Apakah motor bebek, skuter matik, atau sport seperti Yamaha vixion. Tentukan juga pabrikan pembuatnya dan tipe yang diinginkan, karena setiap merek memiliki keunggulan masing-masing. Ada dua hal yang bisa digunakan untuk memilih motor mana yang harus Anda beli : 

1. Anggaran 

Jika dana terbatas, lebih baik Anda memilih motor yang terjangkau. Karena Anda masih perlu biaya untuk perawatan dan perbaikan motor itu sendiri. 

2. Selera 

Jika dana yang Anda miliki cukup banyak, Anda bisa memilih tipe motor apa saja yang diinginkan. Tidak usah pusing memikirkan biaya. Namun, tetap perhatikan biaya untuk perawatan motor bekas tersebut. 

Mengetahui harga pasaran 

Tips selanjutnya yaitu mengetahui harga pasaran. Jadi sebelum Anda memasuki pasar motor bekas, lebih baik cari tahu terlebih dahulu harga pasaran motor yang diinginkan. Anda bisa membuat riset kecil dengan membaca dari media cetak ataupun online. 

Jika tipe yang sudah dicari masih mahal di pasaran, Anda bisa mencari produk tahun sebelumnya. Motor dengan keluaran lebih tua biasanya dijual dengan harga lebih murah. 

Memilih penjual yang tepat 

Jika Anda sudah mengetahui apa saja yang dicari dan berapa dana yang akan digunakan, Anda perlu memperhatikan tempat membeli motor bekas tersebut. Carilah penjual yang sudah memiliki reputasi baik. Misalnya dealer motor bekas yang bonafit dan bisa dipercaya, karena memiliki prosedur ketat ketika membeli motor dari pemilik pertama. 

Anda juga bisa menjalin bisnis dengan orang yang sudah terbiasa menjual beli motor bekas. Karena mereka biasanya hanya menjual 1 atau 2 motor saja karena belum punya cukup modal untuk membuka dealer sendiri. Anda perlu berhati-hati jika ingin membeli motor bekas di situs jual beli atau melalui cara online, yang perlu dilakukan adalah meneliti situs tempat Anda akan membeli motor tersebut. 

Memeriksa kelengkapan surat 

Sebuah unit motor harus mempunyai STNK dan BPKB. Pemilik pertama motor biasanya akan menyertakan faktur pembelian. Cek juga kecocokan dari nomor rangka dan nomor mesin yang ada pada badan motor dengan yang terdapat di surat. Angka-angka tersebut harus sama. Jika ada satu angka saja yang tidak sama, kemungkinan besar motor tersebut mempunyai surat palsu, atau bisa jadi itu hasil pencurian. 

Mengecek kondisi body motor 

Tips selanjutnya yaitu dengan memeriksa kondisi body motor. Tentu Anda perlu untuk melihat apakah kondisi motor dalam keadaan baik atau tidak. Misalnya terdapat goresan, penyok, atau retak. Anda juga perlu untuk menanyakan pada penjual apakah semua suku cadang masih asli. Jika ada yang diganti, Anda perlu memastikan kualitas suku cadang tersebut bagus. 

Jika Anda perlu masukan, lebih baik ajak seseorang yang lebih paham mengenai motor, sehingga Anda tidak salah membeli. 

Nah itu dia beberapa cara untuk membeli motor bekas. Semoga bisa Anda lakukan ketika membeli motor bekas yang diinginkan, agar tidak menyesal nantinya. Namun apabila Anda mempunyai budget lebih, maka tidak ada salahnya jika Anda membeli Yamaha Vixion yang baru.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.