Tidak Rutin Mengecek Ban Bisa Timbulkan Kecelakaan

19.27

Ban adalah salah satu hal utama yang dapat mengakibatkan kecelakaan. Bahkan tidak sedikit kecelakaan disebabkan kondisi ban yang tidak cukup baik.

Di Inggris contohnya sebagian besar kecelakaan diakibatkan oleh pecah ban. Padahal urusan itu dapat dihindari dengan merawatnya secara berkala.

Dalam suatu studi yang dilaksanakan selama 18 bulan, ada 1.035 potongan ban dari lima jalur jalan. Itu mengungkap nyaris sepertiga kecelakaan sebab ban.

Melansir Auto Express, peneliti jalan tol Inggris beserta perusahaan ban Bridgestone mengejar bekas ban mobil, bus, motor, dan truk berserakan di jalan sebab kecelakaan.

Sekitar 56 persen serpihan ban dianalisis terjadi pecah ban, 18 persen sebab isi desakan ban yang tidak benar, serta 8 persen ban tidak diasuh dengan baik. 1 persen dampak kecacatan produksi, serta 16 persen sisanya tidak diketahui.

Kecelakaan dampak pecah ban pun memunculkan korban jiwa. Ada 32 orang tewas dan cedera serius sebab kecelakaan sehubungan dengan ban.

"Semua pemakai jalan mesti lebih memperhatikan situasi bannya sendiri segara berkala. Dengan begitu, andai ada paku atau benda tajam di ban dapat ditangani dengan cepat," kata kepala organisasi keselamatan jalan Inggris Richard Leonard.

Hal senada pun dikatakan oleh Technical Manager Bridgestone Gary Powell. Powell menuliskan perawatan ban teratur pastinya dapat mencegah kecelakaan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.