Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Non PBI

20.03

Mendaftar BPJS kesehatan online untuk Anda sangatlah penting. Saat ini sudah ada BUMN yang bertugas untuk membantu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia yang bernama BPJS Kesehatan. Semua masyarakat Indonesia yang sudah mendaftar dan terdaftar dan mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan berdasarkan Undang-undang no 24 Tahun 2011 mengenai BPJS dan Undang-undang no 40 mengenai Sistem Jaminan Sosial Nasional  pasal 5 ayat 1 dan juga pasal 52. Oleh karena itu aturan BPJS kemudian terbagi kedalam dua kelompok yaitu untuk PBI atau Penerima Bantuan Iuran yang khusus diberikan untuk keluarga yang kurang mampu secara financial. Kelompok yang kedua adalah Non PBI untuk mereka yang mendaftar kolektif dari perusahaan atau individu.

Untuk kelompok PBI tidak perlu membayar iuran BPJS setiap bulannya karena sudah disubsidi langsung oleh pemerintah sedangkan untuk kelompok non PBI harus membayar iuran setiap bulannya sesuai dengan kelas yang sudah dipilih sendiri. Biaya iuran BPJS kesehatan online Non PBI untuk kelas I sebesar Rp 80.000 untuk kelas II sebesar Rp 51.500 dan untuk kelas III Rp Rp 25.500. Dengan membayar iuran setiap bulannya secara tertib dan tepat waktu maka Anda ikut serta dalam menjamin kesehatan jika sewaktu-waktu sakit tidak lagi menjadi berat dan ikut serta mendukung program pemerintah Indonesia.

Daftar BPJS Kesehatan Online Mudah

Saat ini untuk mendaftarkan diri Anda menjadi anggota BPJS kesehatan online bisa dilakukan dengan mudah selama koneksi internet tersedia dengan speed yang stabil karena jika tidak Anda harus kembali mengulangi prosesnya dari awal. Sebelum melakukan proses pendaftaran maka ada beberapa dokumen yang harus Anda siapkan diantaranya yaitu:
  • KTP, Nomor rekening Bank BRI, Mandiri atau BNI kemudian KK
  • Masuklah ke alamat website resmi BPJS Kesehatan lalu isi dan lengkapi formulir yang sudah tersedia dan pilih kelas yang Anda inginkan.
  • Bayar premi yang sudah dipilih langsung ke bank dengan cara transfer
  • Setelah proses pembayaran maka kartu BPJS Kesehatan Anda bisa langsung dicetak di kantor BPJS Kesehatan terdekat.
Untuk proses pendaftaran BPJS kesehatan online sendiri tidak memakan waktu yang lama selama semua perlengkapan dan dokumen sudah Anda siapkan. Ada beberapa hal yang cukup penting untuk Anda perhatikan saat mendaftar BPJS kesehatan secara online yaitu mengenai aturan yang harus Anda pahami dan baca dengan baik sehingga disaat sudah menyetujui dengan mengisi semua kolom Anda tidak lantas ingin berubah pikiran. Karena jika semua data sudah tersimpan dan disetujui serta virtual account sudah jadi jika ingin melakukan perubahan Anda harus mengurus kembali ke kantor BPJS dan itu jelas memakan waktu yang cukup lama karena harus antri sejak awal.

Saat mendaftar BPJS kesehatan online dan masuk ke halaman utama maka pilih pendaftaran online kemudian Anda akan masuk ke persyaratan dan setelah itu masuk ke halaman persetujuan untuk pendaftaran. Selanjutnya adalah halaman untuk anggota keluarga yang diikutsertakan dan akan masuk ke halaman pengisian formulir lengkap. Setelah itu Anda harus mengupload berkas atau dokumen yang sudah disiapkan tadi dan jika sudah selesai maka nomor virtual account akan Anda dapatkan. Untuk mempermudah Anda bisa melakukan scanning terlebih dahulu untuk KTP, KK dan juga foto yang sudah disiapkan di awal tadi karena semua nya harus di unggah ke website BPJS tersebut. Jika tidak mengupload dokumen maka proses online juga akan terhambat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.