Waspadai 5 Cairan yang Bisa Merusak Cat Mobil

11.53
Banyak empunya kendaraan yang sering mengerjakan perawatan kendaraan di rumah, tidak melakukannya di bengkel. Perawatan seperti mencuci jamur di kaca mobil, mengubah minyak rem, dan mengubah oli adalahpekerjaan yang tidak memerlukan kemahiran khusus.

Namun butuh diingat, oli atau minyak rem dapat merusak cat mobil. Pasalnya, cairan itu berisi bahan kimia yang paling kuat, bahkan dapat menyebabkan risiko kebakaran.

Berikut, seperti dikutip pressroomtoyotaastra, jenis cairan yang usahakan dihindari guna bodi mobil:

1. Pembersih Jamur Kaca

Beragam cairan pembersih jamur kaca ketika ini tidak sedikit dijual di pasaran. Posisi kaca yang berdampingan dengan bodi, dapat menimbulkan risiko noda permanen bila terpapar cairan ini.

Tidak melulu pada cat mobil, cairan ini juga riskan karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

2. Oli Mesin

Saat memenuhi oli mesin, harap dilaksanakan dengan hati-hati. Beberapa mobil posisi lubang pengisian oli mesin berdampingan dengan busi. Apabila cucuran oli mesin tentang busi, maka dapat merusak sistem pengapian. Akibatnya, mobil dapat sulit dikobarkan atau tersendat.

Begitu pun pada bodi mobil, karena dapat meninggalkan noda permanen yang susah dihilangkan.

3. Minyak Rem

Ketika memakai minyak rem, usahakan lebih berhati-hati sebab fluida ini punya potensi tinggi guna merusak cat mobil. Bila terpapar cairan ini, cat dapat mengelupas bahkan sampai timbul karat atau korosi.

Nah, saat terkena cairan ini, segera siram air bersih dan lap sampai bekasnya hilang.

4. Air Aki

Bagi empunya kendaraan yang memakai aki basah, memang mempunyai risiko tersendiri. Pasalnya, pemakaian aki jenis ini mewajibkan penambahan air aki secara manual.

Oleh arena itu, hati-hati dengan konsentrat asam yang tinggi pada cairan elektrolit aki ini, sebab cairan tersebut dapat menyebabkan korosi ketika terkena logam.

5. Deterjen

Hilangkan kelaziman mencuci mobil dengan deterjen untuk mencuci bodi. Kandungan kimia yang ada pada deterjen dapat merusak lapisan pelindung cat, memudarkan warna cat, dan menyusun noda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.