Kesalahan Parenting Yang Bisa Merusak Masa Depan Anak

Pola parenting yang benar sangat mempengaruhi pembentukan karakter anak. Kepribadian anda saat ini,dipengaruhi oleh pola asuh orang tua anda. Jika anda melakukan pola asuh yang salah, bisa merusak masa depan anak. Tetapi terkadang orang tua, tidak menyadari bahwa cara mendidik anaknya salah. Meraka berpikir bahwa apa yang sudah ia lakukan adalah yang terbaik dan benar. Supaya anda tidak melakukan kesalahan serupa, hindari kesalahan mendidik anak berikut ini:

Sering Memanjakan Anak

Banyak orang tua yang ingin membuat anaknya bahagia dengan menfasilitasi semua yang mereka inginkan. Padahal ini tidak baik untuk tumbuh kembang anak. Akan membuat anak manja dan tidak mau berusaha. Dengan adanya kesulitan, akan membuat anak mau berusaha dan bisa menghadapi kesulitan lainnya. Jika ia terus dimanja, dia mudah menyalahkan orang lain jika yang diinginkan tidak terwujud. Ajarkan anak hidup mandiri, seperti makan sendiri, membersihkan kamar sendiri, membersihkan mainannya sendiri dan lainnya.

Sering Meneriaki Anak

Terlalu memanjakan anak tidak boleh, begitu juga dengan meneriaki anak terus menerus. Meneriaki anak tidak sama dengan tegas kepada anak. Jika anak sering diteriaki terus menerus, akan membuat mentalnya terganggu. Dia merasa bahwa orang tua tidak menyayangi dia. Dia akan tumbuh jadi orang yang kurang percaya diri dan penakut. Bahkan ia cenderung melakukan tekanan verbal ke orang lain.

Pola Helicopter Parenting

Helicopter parenting merupakan tipe pola asuh yang overprotective, orang tua suka mengatur apapun yang dilakukan anak-anak. Bahkan sampai ia dewasa, masih suka mengaturnya. Orang tua ikut campur dalam menentukan sekolah, teman bergaul, jurusan yang diambil, kegiatan yang dilakukan, les dan lainnya. Semuanya harus diatur oleh orang tua. Anak tidak memiliki kesempatan untuk melakukan hal yang dia lakukan. Pola ini bisa membuat anak-anak kurang kreatif dan tertekan. Dia merasa harus memenuhi semua permintaan dari orang tua.

Membiarkan Waktu Tidur Anak

Orang yang tua yang suka membiarkan jam tidur anak, akan membuat anak kurang sukses, dia tidak memiliki jam tidur yang baik. tidur terlalu larut malam dan bangun terlalu siang. Anda harus membiasakan pola tidur anda dengan baik. ketika waktunya tidur, dia harus tidur dan pagi harinya harus bangun. Anak yang kurang tidur atau terlalu banyak tidur, akan membuat kesehatan mental dan fisiknya terganggu.

Masih banyak kesalahan parenting yang dilakukan oleh orang tua. Seperti membiarkan anak menonton tv terus menerus, bermain gadget, sikap orang tua terlalu dingin pada anak dan lainya. Jika selama ini anda melakukan pola asuh yang salah, cobalah untuk memperbaikinya. Sehingga anak anda bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan memiliki kepribadian yang baik

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.