Inilah Harga Rumah Paling Diminati di Tahun 2017

15.43


Harga hunian, baik lokasi  tinggal  maupun apartemen, memang terus naikmasing-masing  tahunnya. Bisa dimaklumi sebab  makin lama ketersediaan lahan guna  hunian memang makin  sedikit. Dan sebagai keperluan  dasar, sekalipun terus naik masing-masing  tahunnya, tetap saja tidak sedikit  orang yang hendak  memilikinya, melakukan pembelian  rumah. Dan tahukahkita  harga lokasi  tinggal  paling digemari  di tahun 2017 lalu?

Tapi sebelum mengupas harga lokasi  tinggal  paling digemari  di tahun 2017 lalu, survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018 yang diadakan  Rumah.com bareng  Iembaga penelitian  Intuit asal Singapura, mengindikasikan  bahwa masyarakat lebih mengkhususkan  kualitas hidup, sebelum mempertimbangkan harga saat melakukan pembelian  rumah.

Survei pun  memaparkan bahwa tempat  masih menjadi pertimbangan beberapa  besar  responden ketika  diminta melafalkan  sejumlah hal  yang menjadi pertimbangan saat  membeli rumah, seperti:

Sebanyak 92% narasumber  mencantumkan tempat  sebagai di antara  faktornya

Sementara terdapat  75% mencantumkan hal  keamanan. 72% menyematkan  mudahdicapai  transportasi umum. 65% menanam  infrastruktur dan kemudahan  umum. 60% responden menanam  harga properti di urutan kelima.

Ya, masih tidak sedikit  yang menjadikan tempat  sebagai prioritas utamasaat  membeli rumah. Dari hasil survei tersebut sejumlah  39% respondenmenanam  Jakarta sebagai lokasi kesayangan  untuk pembelian properti di masa depan. Lalu disusul Bogor dengan 27%, dan dibuntuti  Depok sejumlah  23%.

Dan yang menarik, sekalipun harga hunian terus naik masing-masing  tahunnya tetapi  hasil survei ternyata menanam  ‘Harga Properti’ di posisi kelima, tidak berubah dikomparasikan  semester sebelumnya.

Padahal menurut  survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017 dalil  di posisi kesatu  kenapa  orang belum punya atau melakukan pembelian  properti ialah  tidak punya uang guna  DP atau duit  mukanya. Lengkapnya:
Tidak punya duit  muka (53%)
Harga yang terlampau  tinggi (32%)
Belum siap (28%)

Lantas berapa harga lokasi  tinggal  paling digemari  di tahun 2017 lalu?
Paling tidak sedikit  berada di kisaran Rp750 juta ke bawah (84%)
Kemudian Rp750 juta sampai  Rp1 miliar (7%)
Dan mulai Rp1 miliar sampai  Rp1,5 miliar (5%)
Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan menyatakan, bahwa keputusanmelakukan pembelian  rumah butuh  didasari dengan pertimbangan jangka panjang. Hal ini berhubungan  jumlah dana yang  besar serta banyaknya pihak yang me sti dikelola kepentingannya ketika  memilih suatu  tempat tinggal.
“Oleh sebab  itu, walau  harga ialah  faktor penting, lokasi, keamanan, akses, dan fasilitas di dekat  menjadi jauh lebih penting. Harapannya, hunian yang ditinggali dapat  mendukung keperluan  hidup mereka, mulai dari keperluan  sehari-hari, kesejahteraan dan kesehatan keluarga,edukasi  anak, sampai  kemudahan mencapai  tempat kerja,” tambahnya.

Dan menurut  survei ini, ternyata ada  51% pembeli lokasi  tinggal  kesatu . Lalu pembeli lokasi  tinggal  kedua atau upgrader 23% dan 20% sebagai investor. Nah, khusus untuk  upgader dan investor pertimbangan beli rumahnya tentu bertolak belakang  dengan pembeli rumah.

“Bagi investor, kepemilikan properti laksana  ini pastinya  dengan asa  nilai imbal balik yang tinggi di masa yang bakal  datang,” papar Suprapto Pegeng, Direktur Utama PT Belitung Golf and Resorts, yang mengembangkan proyek Black Rocks Golf Belitung yang bertempat  di Kawasan Pariwisata Desa Tanjung Tinggi, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Black Rocks Golf Belitung adalah proyek properti yang memadukan Lapangan Golf dengan Perumahan Eksklusif dan Premium yang dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam yakni  bebatuan granit dan telaga  natural seluas 30 Hektar serta pantai pasir putih sepanjang 2,5 km yang +40 menit dari kota Jakarta.

Ditambahkan Andy K Natanael, Founder PROJEK dan PROVIZ yang juga beraksi  sebagai konsultan pemasaran Black Rocks Golf Belitung, kelebihan  proyek Black Rocks Golf Belitung butuh  dipertimbangkan oleh investor.

Misalnya area  hunian di pesisir pantai dengan memadukan keindahan alam yang luar biasa  antara danau, laut, dan bebatuan granit yang menjadi signature di Kepulauan Belitung. Lalu menjadi The First Championship Golf Course dengan struktur lapangan yang sangat unik  dan challenging guna  bermain golf diantara bebatuan granit yang menjadi kendala  tersendiriuntuk  para golfer yang melulu  berkisar +40 menit dari Jakarta.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.