Cara Agar Tidak Tertular Flu Saat Puasa

02.19
Perubahan cuaca yang fanatik dan tidak menentu menciptakan tubuh rawan terserang sekian banyak  penyakit, terutama flu. Flu gampang menyerang saat kekebalan tubuh kita sedang menurun. Dampaknya tidak melulu mempengaruhi nafsu makan, tetapi flu pun membuat tubuh kita terasa lemas dan tidak bersemangat. Terlebih andai Anda sedang menjalani puasa, pasti hal ini akan menciptakan tubuh kita semakin tidak bertenaga.
Cara Agar Tidak Tertular Flu Saat Puasa

Oleh karena itu, simak sejumlah cara yang dapat Anda kerjakan untuk menangkal sakit flu ketika puasa inilah ini. 


1. Penuhi asupan nutrisi ketika sahur dan berbuka

Ketika berpuasa, Anda mesti mengontrol asupan nutrisi dan vitamin dalam makanan ketika berbuka dan sahur. Terutama vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan sistem imun dan mengayomi tubuh supaya tidak gampang sakit flu ketika puasa laksana vitamin A, C , E, dan zinc.

Beberapa makanan yang direkomendasikan guna dikonsumsi sekitar berpuasa ialah ubi jalar, salmon, daging rendah lemak; ayam maupun sapi, yogurt, kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran hijau laksana brokoli, bayam, dan beda sebagainya. kita juga dapat membuat ramuan dari gabungan jahe, lemon, madu, dan kayu manis yang dapat dikonsumsi ketika berbuka puasa untuk menangkal dan mengobati flu ketika puasa. 

2. Minum air putih yang cukup

Selama berpuasa, tidak sedikit orang yang ingin memilih mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sedikit berisi gula dikomparasikan dengan air putih. Hal berikut yang menciptakan orang yang berpuasa mudah merasakan dehidrasi. Oleh karena itu, Anda mesti berjuang memenuhi keperluan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih ketika sahur dan berbuka.

3. Konsumsi suplemen pelengkap

Ada sejumlah orang yang kendala memenuhi asupan nutrisi dan vitamin sekitar puasa disebabkan sulitnya mengontrol asupan makanan. Jika ini masalahnya, Anda dapat mengonsumsi suplemen ekstra yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur.

Pastikan andai suplemen yang kita konsumsi mempunyai kandungan vitamin C dan zinc yang diperlukan tubuh untuk menambah sistem imun supaya terhindar dari serangan penyakit.

4. Menggunakan masker

Virus penyebab flu gampang sekali menyebar di lokasi umum yang ramai, terlebih ketika siang hari dan cuaca panas. Jika kita memang diwajibkan berada di lokasi ramai, lindungi diri kita dengan memakai masker sekitar berada di lokasi umum. Jangan tak sempat juga pakai hand sanitizer supaya tidak terinfeksi kuman dan bakteri setelah mengerjakan kontak dengan orang beda dan kemudahan umum.

5. Rajin cuci tangan

Meski terkesan sederhana, cuci tangan memiliki guna kesehatan yang baik loh. Jika dilaksanakan secara rutin masing-masing sebelum makan, saat ke toilet, ataupun ketika atau setelah menggarap sesuatu, urusan ini terbukti dapat mengurangi risiko infeksi bakter dan virus penyebab penyakit, tergolong flu dan pilek.

Jadi mulai sekarang, biasakanlah diri kita untuk membasuh tangan gunakan sabun, dan kerjakan sesuai tuntunan cuci tangan yang benar. Di samping cuci tangan, Anda pun harus mengawal kebersihan di dekat rumah ataupun kantor supaya terhindar dari risiko pertumbuhan bakteri.

6. Olahraga

Puasa bukan menjadi hambatan untuk mengerjakan aktivas jasmani seperti olahraga. Selain menciptakan badan bugar, olahraga pun mampu menangkal Anda terhindar dari sekian banyak  macam penyakit sekitar berpuasa, 

Anda dapat melakukan olahraga enteng seperti jalan santai, bersepeda, yoga, ataupun naik turun tangga. Waktu yang ideal untuk mengerjakan olahraga ialah satu jam menjelang berbuka, Namun masa-masa olahraga ini tergantung keawetan tubuh setiap individu, yang terpenting setelah mengerjakan olahraga kita tidak merasa lemas, pusing ataupun pingsan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.